Waktu Adalah Karunia Allah

Waktu Adalah Karunia Allah

Posted on Feb 25, 2014 in Articles |

Waktu Adalah Karunia Allah

Ingatlah dan kuduskanlah hari Sabat: enam hari lamanya engkau akan bekerja dan melakukan sagala pekerjaanmu, tetapi hari ketujuh adalah hari Sabat Tuhan, Allah- mu, maka jangan melakukan sesuatu pekerjaan, engkau atau anakmu laki-lakl, atau anakmu perempuan, atau hewanmu atau orang asing yang di tempat kediamanmu. Keluaran 20:8-10.

kita hidup di dunia yang sibuk dengan teknologi tinggi, penuh stres, dan kita Kperlu istirahat 24 jam seminggu. Kita perlu istirahat dari kelelahan sistem adrenal tubuh kita yang merupakan penyebab dari masalah-masalah stres. Itulah sebabnya mengapa Tuhan memberikan hari Sabat kepada kita. “Hari Sabat diadakan untuk manusia dan bukan manusia untuk hari Sabat” (Markus 2:27). Manusia harus bekerja enam hari dan beristirahat satu hari – itu merupakan ritme atau irama yang telah diberikan sejarah bagi kesehatan umat manusia. Manusia mencoba aturan-aturan lainnya. Sebagai contoh, pada tahun 1793 Peraneis memakai kalender 12 bulan dan setiap bulannya 30 hari. Para pekerja harus bekerja sembilan hari dan istirahat pada hari yang kesepuluh. Tidak lama kemudian sistem itu tidak berlaku lagi karena tidak berhasil diterapkan. Para pekerja menolak bekerja sembilan hari dan baru hari kesepuluh bisa istirahat.Dalam masa perang dunia II, Amerika Serikat dan Inggris meningkatkan produksi alat-alat perang. Banyak pabrik dalam satu minggu berproduksi selama74 jam seminggu. Tidak lama kemudian mereka mendapati bahwa rata-rata pekerja bekerja penuh hanya 66 jam. Para pekerja di pabrik ini mengeluh bahwa mereka jadi lekas marah. Semangat menurun. Risiko celaka semakin besar. Barang-barang banyak yang rusak. Pemilik perusahaan akhirnya mengurangi jam kerja. Di Amerika Serikat beberapa pabrik menambah pekerja dan yang -Iainnya membuat jam kerja 3 shift. Bagaimana hasilnya`? Produktivitas meningkat, tidak banyak kerusakan pada hasil produksi, absensi pun berkurang dan semangat kerja meningkat. Di Inggris, jam kerja dikurangi menjadi 48 jam seminggu (satu hari 8 jam kerja, seminggu •enam hari kerja) dan hasil produksi meningkat. Kemudian Inggris menetapkan enam hari kerja dan satu hari istirahat dan dua minggu cuti tahunan.
Gagasan untuk istirahat sehari penuh dalam satu minggu sebenarnya gagasan yang sudah ada sejak manusia diciptakan. Gagasan itu diberikan Tuhan bagi umat manusia agar menikmati hidup dan kesehatan. Bukankah ini merupakan waktu yang kita nikmati yang diberikan Tuhan? Bagaimana Anda bisa meraih keuntungan kesehatan dari hari Sabat yang diberikan Tuhan?

W. Kuzma dan Cecil Murghey ( Hidup yang penuh semangat

468 ad