Doa yang menyembuhkan

Tahukah Anda bahwa hampir 80 persen orang Amerika percaya bahwa iman dan doa dapat membantu memulihkan orang dari penyakit atau cedera? Dalam survei terhadap 269 dokter di American Academy of Family Physicians, 99 persen mengatakan keyakinan agama dapat berkontribusi pada penyembuhan. Ketika ditanya tentang pengalaman pribadi, 63 persen mengatakan Tuhan telah turun tangan untuk memperbaiki kondisi medis mereka sendiri.

“Banyak orang Amerika mengandalkan doa dan spiritualitas untuk kepentingan kesehatan,” kata Stephen E. Straus, MD, mantan direktur National Center for Complementary and Alternative Medicine (NCCAM) di National Institutes of Health (NIH). Memang, survei tahun 2004 terhadap lebih dari 31.000 orang dewasa dilakukan oleh para peneliti dari Pusat Kesehatan Nasional Statistik dan NCCAM menemukan bahwa doa adalah praktik yang paling umum digunakan di antara semua pendekatan yang disebutkan dalam survei.

Dalam sebuah penelitian di American Journal of Health Promotion (Mei-Juni 2005) ditemukan bahwa orang yang berdoa memiliki perilaku yang lebih baik, khususnya yang berhubungan dengan kesehatan, lebih sedikit mendapatkan kunjungan perawatan pencegahan medis, dan lebih puas dengan layanan perawatan medis mereka. Sekitar 47 persen orang dalam penelitian ini berdoa untuk kesehatan mereka dan 90 persen percaya bahwa doa mereka meningkatkan kesehatan mereka.

Begitu kuatnya bukti “faktor iman” mempengaruhi kesehatan, bahkan jurnal medis bergengsi seperti Archives of Internal Medicine telah mengembangkan kuesioner spiritual untuk menilai tingkat kepercayaan pasien kepada Tuhan. Sains memang telah mengenali apa yang diketahui oleh setiap orang beriman secara intuitif selama berabad-abad — mempercayai Tuhan bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda!

Paulus mendorong orang percaya Filipi untuk berdoa dalam segala hal. Apa hasilnya? “Damai sejahtera Allah, yang melampaui segala akal, akan memelihara hati dan pikiranmu dalam Kristus Yesus.” (Filipi 4:7). Yakobus sebenarnya memberi kita instruksi yang jelas tentang berdoa untuk orang sakit. “Kalau ada seorang di antara kamu yang sakit, baiklah ia memanggil para penatua jemaat, supaya mereka mendoakan dia serta mengolesnya dengan minyak dalam nama Tuhan. Dan doa yang lahir dari iman akan menyelamatkan orang sakit itu dan Tuhan akan membangunkan dia; dan jika ia telah berbuat dosa, maka dosanya itu akan diampuni” (Yakobus 5:14, 15).

Terkadang Tuhan memilih untuk menyembuhkan tubuh kita secara ajaib, tetapi yang pasti adalah dosa-dosa kita akan diampuni dan kita akan menikmati hidup yang kekal. Kita aman di tangan Tuhan saat kita berdoa.

Sedang kamu tidak tahu apa yang akan terjadi besok. Apakah arti hidupmu? Hidupmu itu sama seperti uap yang sebentar saja kelihatan lalu lenyap.
Yakub 4:14
-Doug Batchelor-

sumber: https://amazingfacts.id/doa-yang-menyembuhkan/